1.Pendahuluan

Yaman adalah tempat pertama berlangsungnya minum kopi seperti yang kita lakukan sekarang. Kopi yang mentah berwarna hijau di sangrai (roasted) hingga hitam, setelah dibuat bubuk dididihkan dengan air. Air yang berwarna hitam itulah kopi yang kita minum. Ada sisa ampasmya yang kemudian dibuang.

Kopi instan adalah kopi yang tidak ada ampasnya, begitu diberi air panas bubuknya larut semua. Kopi instan mula-mula  dibuat tahun 1907, menjadi lebih populer setelah mesin pembuat bubuk instan dibuat pada tahun 1947. Sekitar tahun 1950 sudah tersebar ke banyak negara.

Nescafé  adalah merek kopi instan yang paling populer hingga sekarang, termasuk di Indonesia.

Tanaman kopi mungkin berasal dari Etiopia, dibawa pulang oleh orang Yaman, dan ditanam disana. Kemudian menyebar ke Eropa, ke Asia dan Amerika.

Pada tahun 2013 urutan 5 negara pengekspor kopi terbesar adalah Brazil, Vietnam, Indonesia, Colombia dan India.

Dua spesies kopi yang ditanam adalah: Coffea canephora atau dikenal dengan robusta dan Coffea Arabica.

2.Kandungan fitokimia

Dalam minuman kopi yang dibuat dari bubuk kopi dan menyisakan ampas, mengandung sekitar 40 mg kafein (caffeine) dari 100 mg bubuk kopi, namun tidak ada kandungan nutrisi lainnya yang cukup berarti. Dari sumber lain, satu cangkir kopi mengandung rerata 95 mg ( antara 70 – 140 mg), karena tergantung macam kopi dan caranya disangrai. Kopi instan mengandung antara 30 – 90 mg per cangkir.

Selain kafein, senyawa lain dalam kopi, monoamine oxidase inhibitor beta-carboline dan harmane yang mempunyai efek psikoaktif.

Kopi juga mengandung polifenol, namun pada orang yang minum tidak bermanfaat apa-apa. Dalam laboratorium polifenol ini bisa dibuktikan sebagai anti radikal bebas.

3.Manfaat minum kopi

Mekanisme atau cara bagaimana kopi bermanfaat untuk kesehatan belum diketahui. Minum kopi satu sampai dua cangkir sehari berguna untuk kesehatan, diantaranya:

3.1.Mengurangi resiko kena Diabetes Mellitus (kencing manis) tipe 2 (yaitu yang tidak tergantung akan insulin, pasennya tidak kurus, terdeteksi pada usia di atas 40 tahun/bukan sejak anak atau muda). Manfaat ini sama apabila kita minum kopi dekafein (kafeinnya dihilangkan), yang berarti kafein bukan yang bertanggung jawab sebagai zat yang dapat mengurangi resiko kena kencing manis.

3.2.Terlindungi dari penyakit Parkinson.

3.3.Bisa mengurangi timbulnya gejala asma.

3.4.Mungkin mengurangi pembentukan batu empedu.

3.5.Meningkatkan kewaspadaan (alertness). Kopi juga diperkirakan mengurangi resiko kena penyakit Alzheimer.

3.6.Dapat mengurangi keinginan bunuh diri

3.7.Melindungi hepar dari berbagai penyakit, termasuk kanker hepar terutama bagi peminum alkohol.

4.Efek samping minum kopi

Sebagian orang lebih sensitif terhadap kopi, namun pada umumnya apabila minum kopi lebih dari 4 cangkir perhari, maka bisa timbul efek samping, seperti:

4.1.Sulit tidur.

4.2.Merasa cemas atau “grogi”

4.3.Merasa tidak tenang (restlessness).

4.4.Mudah tersinggung

4.5.Ada gangguan lambung, yaitu mag (ulcus peptikum)

4.6.Detak jantung meningkat

4.7.Tangan gemetar (tremor).

4.8.Tekanan darah meningkat. Namun apabila minumnya teratur akhirnya bisa beradaptasi dan tekanan darahnya kembali seperti semula.

4.9.Dapat memperburuk kejala pembesaran prostat, seperti sering kencing tapi tidak bisa banyak.

4.10.Menyebabkan kotoran (feses) melunak tapi tidak sampai diare.

4.11.Dapat mengurangi penyerapan zat besi dan kalsium.

4.12.Bisa mengurangi kesuburan pada wanita.

4.13.Bisa menyebabkan keguguran.

4.14.Melahirkan bayi dengan berat badan rendah (low birth weight).

Apabila sedang hamil sebaiknya kalau bisa tidak usah minum kopi. Berapa banyak orang hamil bisa minum kopi sehari dengan aman, bebas dari efek samping? Hingga sekarang belum ada jawaban yang pasti!

Apabila tidak biasa minum kopi, tidak dianjurkan memulai minum kopi demi untuk mendapatkan manfaatnya. Namun apabila sudah terbiasa minum kopi satu atau dua cangkir sehari, dan bagi wanita sedang tidak hamil, silahkan lanjutkan dan tidak perlu khawatir efek samping.

5.Interaksi dengan obat

5.1.Ciprofloxacin dan Norfloxacin dapat menghambat pemecahan kafein, sehingga bisa meningkatkan efek samping

5.2.Theophylline. Kopi dapat meningkatkan kadar theophyllin dan menimbulkan efek samping seperti mual, muntah dan berdebar.

5.3.Echinacea. Herbal ini sering ditambahkan kedalam obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Echinacea dapat meningkatkan kadar kafein darah, hingga bisa menimbulkan efek samping kafein

6.Bagi seorang ibu yang menyusui, jangan minum lebih dari satu cangkir sehari. Hendaklah menyusui sebelum minum kopi atau menyusui paling cepat tiga jam setelah minum kopi.

7.White coffee (kopi putih)

Di negara-negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa se-hari2, white coffee artinya kopi yang diberi atau ditambah susu atau creamer. Dulu di Indonesia white coffee adalah kopi yang dibuat dari biji kopi yang disangrai lebih singkat, sehingga warna kopi sangrainya tidak sampai hitam. Rasanya agak lain dan mengandung kafein lebih tinggi. Namun sekarang dipasaran, white coffee biasanya kopi instan yang ditambah krimer yang berasal bukan dari susu sapi (non-diary creamer).

Di Malaysia ada beberapa macam: menggoreng biji kopi dengan margarin dan waktu minum ditambah susu. Ada pula kopi dengan bahan kopi instan, dan ditambah bubuk putih tapi bukan creamer dan gula yang diberi nama 3-in-1 white coffee. Kalau tanpa gula diberi nama 2-in-1 white coffee.

8.Bahan bacaan

1.http://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/coffee-in-moderation-may-offer-health-benefits

2.http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-200456787.

3.https://www.verywell.com/what-is-caffeine-21848?utm_term=coffee+addict&utm_content=p1-main-4-title&utm_medium=sem&utm_source=msn_s&utm_campaign=adid-ccfb46ad-4af3-4be1-a8d6-a3b45b65f20a-0-ab_msb_ocode-7935&ad=semD&an=msn_s&am=broad&q=coffee+addict&o=7935&qsrc=999&l=sem&askid=ccfb46ad-4af3-4be1-a8d6-a3b45b65f20a-0-ab_msb

4.https://www.verywell.com/caffeine-and-breastfeeding-p2-21840?utm_term=coffee+addict&utm_content=p1-main-3-title&utm_medium=sem&utm_source=msn_s&utm_campaign=adid-ccfb46ad-4af3-4be1-a8d6-a3b45b65f20a-0-ab_msb_ocode-7935&ad=semD&an=msn_s&am=broad&q=coffee+addict&o=7935&qsrc=999&l=sem&askid=ccfb46ad-4af3-4be1-a8d6-a3b45b65f20a-0-ab_msb

5.http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-20045678?pg=2

6.https://en.wikipedia.org/wiki/White_coffee

7.https://authoritynutrition.com/how-much-caffeine-in-coffee/