1.Pendahuluan HP singkatan dari Hand Phone. Istilah ini sudah dimengerti oleh semua pengguna alat tersebut. Nama lainnya adalah telpon selluler, atau telpon genggam. Di luar negri dikenal sebagai Cellular Phone atau Mobile Phone. Pemakaian HP kian meningkat. Tercatat hingga tahun 2009 ada 6 millyar pelanggan kartu GSM diseluruh dunia, sudah tentu pengguna HP yang sebenarnya jauh melampaui angka itu. Di Inggris sekitar 70% anak yang berusia antara 11 hingga 12 tahun mempunyai HP, dan mencapai 90% pada waktu berusia 14 tahun (dilaporkan 21 Mei 2014). Kehawatiran pemakai HP terhadap kesehatan terutama kanker otak, dipicu oleh tuntutan David Reynard (Amerika Serikat) pada pertengahan 1992, yang menyatakan bahwa istrinya meninggal karena kanker otak, sebagai akibat dari pemakaian HP. Tuntutan David Reynard dan beberapa orang lainnya yang mirip, ditolak karena tidak ada bukti yang cukup. Akibat tuntutan tersebut, gelombang penelitian mengenai dampak pemakaian HP terhadap kesehatan terutama hubungannya dengan tumor otak dimulai.
2.Radiasi HP dan macam penelitian Penelitian untuk melihat pengaruh pemakaian HP dilakukan karena HP dapat memancarkan radiasi yang dapat diserap oleh pemakainya. Pemancaran radiasi ini terjadi karena HP memakai radiasi elektro magnetik (electromagnetic radiation) dalam rentang mikrowave (microwave range). Pada tahun 2011, International Agency for Research on Cancer (IARC) memasukkan klasifikasi radiasi HP pada kelompok atau Group 2B, artinya tidak seperti kelompok G 1 yang berbahaya, dan kelompok G 2A yang probably carcinogenic (almost certainly; as far as one knows or can tell), namun “hanya” prossibly carcinogenic (perhaps used to indicate doubt or hesitancy). Dalam bahasa Inggris antara probably dan possibly berbeda. Jadi kelompok G 2B masih ada keraguan atau ketidak pastian. Pengaruh radiasi ini diteliti dengan memakai in vitro (di laboratorium, memakai benda mati), memakai binatang percobaan, dan meneliti para pemakai HP menurut ilmu epidemioplogi (pengaruh pemakaian HP, dan jumlah penyakit misalnya kanker otak, distribusi, dan perhitungan lainnya dalam populasi). Selain kanker otak, juga diteliti pengaruhnya terhadap perubahan sifat (behaviour), kecerdasan (cognitive), catarak, jumlah sperma, dan lainnya. Karena keterbatasan informasi yang tersedia, tulisan kali ini terfokus pada hubungan antara pemakaian HP dan tumor otak
3.Hubungan antara pemakaian HP dan tumor otak
3.1.Tumor dan kanker otak. Tumor adalah sel yang tumbuh tidak terkendali, namun tidak invasif dan tidak menyebar (jinak). Kanker adalah sel yang tumbuh tidak terkendali bersifat invasif dan menyebar, biasanya dapat menyebabkan kematian (ganas). Di Canada, setiap hari ada 27 orang dinyatakan sakit kanker otak. Ada 120 macam kanker otak. Kanker otak primer (berasal dari otak, bukan dari luar) terjadi pada 8 orang dari 100000 populasi ( di Canada). Kanker otak primer yang paling sering adalah glioblastoma multiforme. Dengan pengobatan yang paling agresif sekalipun rata-rata keberhasilan hidupnya (average survival) kurang dari satu tahun.

3.1.1.Macam tumor dan kanker otak:
3.1.1.1.Glioma, adalah tumor berasal dari jaringan sel yang menyangga atau menopang sel otak (sel astrosit, astrocyte), ada beberapa macam mulai dari yang berkembang/tumbuh perlahan (stadium 1,2) dan yang tumbuhnya cepat dan menginfasif jaringan sekitar (stadium 3,4; glioblastomas, anaplastic astrocytomas, Oligodendroglioma) .
3.1.1.2.Acoustic Neuromas / Schwannomas, adalah tumor yang berasal dari sel yang membungkus sel otak. Tumor ini dapat mengebabkan berkurangnya pendengaran dan keseimbangan.
3.1.1.3.Meningioma, berasal dari sel pembungkus otak.
3.1.1.4.Pituitary adenoma, tumor ini belum pernah dihubungkan dengan pemakaian HP. 3.1.2.Penyebab tumor atau kanker otak.
3.1.2.1.Glioma. Penyebabnya belum diketahui dengan pasti. Kemungkinan : kelainan genetik, radiasi HP, infeksi cytomegalovirus mempercepat pertumbuhan glioblastoma.
3.1.2.2.Acoustic Neuroma. Penyebabnya belum jelas. Kemungkinan: kelainan genetik dan radiasi.
3.1.2.3.Meningioma. Penyebabnya belum jelas. Kemungkinan: kelainan genetik, radiasi (bom atom, X rays pada kepala atau gigi, HP), dan trauma pada kepala.
3.1.2.4.Pituitary adenoma. Kemungkinan penyebabnya, kelainan genetik.
3.1.3.Tumor atau kanker otak serta hubungannya dengan pemakaian HP. Ada beberapa laporan penelitian tentang tumor atau kanker otak dan hubungannya dengan pemakaian HP, serta beberapa komentar terhadap hasil penelitian mereka. Diantara laporan penelitian itu adalah : 3.1.3.1.Inskip P.D., Hoover R.N., Devesa S.S. Brain cancer incidence trends in relation to cellular telephone use in the United States. Neuro Oncol. 2010 Nov;12(11):1147-51. doi: 10.1093/neuonc/noq077. Epub 2010 Jul 16. Hasil penelitian ini menyimpulkan, secara keseluruhan data yang didapat tidak mendukung pandangan yang menyatakan bahwa HP dapat menyebabkan kanker otak.
3.1.3.2.Larjavaara S. et al. Location of gliomas in relation to mobile telephone use: a case-case and case-specular analysis. Am J Epidemiol. 2011 Jul 1;174(1):2-11. doi: 10.1093/aje/kwr071. Epub 2011 May 24. Peneliti memilih penderita glioma (888 orang) sebagai objek penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, glioma didapatkan bukan ditempat yang mendapatkan radio-frekuensi tertinggi yang dipancarkan oleh HP.
3.1.3.3.Frei P. et al. Use of mobile phones and risk of brain tumours: update of Danish cohort study BMJ. 2011 Oct 19;343:d6387. doi: 10.1136/bmj.d6387. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada kenaikan resiko menderita tumor otak dalam pemakaian HP.
3.1.3.4.Hardell L. et al. Case-control study of the association between malignant brain tumours diagnosed between 2007 and 2009 and mobile and cordless phone use, yang dipublikasi on line pada tgl. 24 September 2013. Dengan memakai tumor meningioma sebagai sasaran, penelitian ini menyimpulkan bahwa radiofrequency electromagnetic fields (RF-EMFs) yang dipancarkan HP berperan dalam inisiasi dan promosi perkembangangan kanker (play a role both in the initiation and promotion stages of carcinogenesis).
3.1.3.5.Coureau G et al. Mobile phone use and brain tumours in the CERENAT case-control study. Occup Environ Med doi:10.1136/oemed-2013-101754. Published Online First 9 May 2014. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada asosiasi antara pemakai reguler HP (regular mobile phone users) dan glioma bila dibandingkan dengan bukan pemakai HP, dengan kata lain sama resikonya kena penyakit Glioma antara pemakai regular dan bukan pemakai HP. Namun untuk pemakai “berat” (heaviest users) HP, yaitu pemakaian secara kumulatif lebih dari 896 jam atau melakukan lebih dari 18360 panggilan dengan HP, ada positif asosiasi dengan Glioma atau Meningioma. Kesimpulannya, menyokong penemuan terdahulu yang menyatakan adanya hubungan antara pemakai berat HP dan tumor otak. Komentar tentang hasil penelitian:
3.1.3.6.Kenneth R. Foster and John E. Moulder. Health Effects of Mobile Phones: Recent Scientific and Policy Developments. Presented at COST259 workshop. “The Mobile Terminal and Human Body Interaction”. Bergen, Norway 27 April 2000. Menurut penulis, percobaan pada binatang dan penelitian epidemiologi sementara ini tidak menunjukkan data yang dapat mendukung adanya bahaya disebabkan energy radiofrequency (RF) yang dipancarkan HP.
3.1.3.7.1.National Cancer Institue. Reviewed: June 24, 2013. Dikutip dari tulisan oleh Nasional Cancer Isntitue, ACS atau American Cancer Society menyatakan, mungkin ada hubungan antara pemakaian HP dan kanker otak namun buktinya tidak cukup kuat untuk menyatakan sebagai sebab akibat.
3.1.3.7.2.NIEHS atau National Institute of Environmental Health Sciences menyatakan, bukti ilmiah hingga sekarang tidak dapat secara konklusif menyimpulkan hubungan antara pemakaian HP dengan masalah kesehatan (adverse health problems), namun penelitian lebih lanjut diperlukan.
3.1.3.7.3.FDA atau U.S. Food and Drug Administration menulis bahwa yang menyatakan adanya hubungan antara energi RF dan perubahan biologi, gagal dibuktikan oleh peneliti lainnya. Penelitian epidemiologi tidak bisa menunjukkan adanya hubungan antara energi RF dan pemakaian HP dan masalah kesehatan.
3.1.3.7.4.CDC atau U.S. Centers for Disease Control and Prevention mengeluarkan pernyataan bahwa, biarpun menimbulkan kehawatiran adanya kemungkinan resiko kesehatan pada pemakai HP, namun sebagian besar penelitian epidemiologi tidak bisa menunjukkan adanya hubungan tersebut.
4.Saran Dari tulisan di atas, rupanya masih belum bisa secara meyakinkan dinyatakan adanya hubungan antara tumor otak dan pemakaian HP. Namun demikian pemakaian HP, apa lagi bagi pemakai “berat”, resiko radiasi yang dipancarkan HP tidak bisa diabaikan. Disarankan:
4.1.Tidak terlalu sering dan terlalu lama memakai HP.
4.2.Usahakan memakai hands-free kit.

4.3.Usahakan memakai HP apabila signalnya kuat, sebab pada signal yang rendah HP akan memakai energi yang lebih kuat untuk berkomunikasi.

4.4.Usahakan HP jauh dari tubuh kita, bila dalam keadaan standby.
5.Penelitian tentang dampak kesehatan lainnya. Di Inggris mulai bulan Mei tahun 2014 telah dilakukan penelitian tentang pengaruh HP pada kecerdasan. Penelitian ini melibatkan anak berusia 11-12 tahun dari 160 sekolahan dan akan diikuti perkembangannya selama 9 tahun. Laporan penelitian tentang dampak pemakaian HP terhadap perubahan sifat (behaviour), kecerdasan (cognitive), catarak, dan jumlah sperma belum banyak ditemukan.
6.Bahan bacaan
http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_phone_radiation_and_health http://www.ehhi.org/reports/cellphones/health_risks.shtml http://www.braintumour.ca/2494/brain-tumour-facts
http://www.spandidos-publications.com/10.3892/ijo.2013.2111
http://www.ini.org/services/brain-tumor-clinic/types-of-brain-tumors.html http://www.cancer.gov/cancertopics/causes-prevention/risk/radiation/cell-phones-fact-sheet http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20639214 http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21610117 http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22016439 http://oem.bmj.com/content/early/2014/05/09/oemed-2013-101754.abstract?sid=bb168dfc-bb3d-41c4-bcf9-b5b75d64a8c3#aff-4
http://en.wikipedia.org/wiki/Glioma http://www.webmd.com/brain/acoustic-neuroma-causes-symptoms-treatments
http://en.wikipedia.org/wiki/Meningioma
http://phys.org/wire-news/162095258/new-study-on-mobile-phones-and-childrens-cognitive-development.html http://www.nhs.uk/Conditions/Mobile-phone-safety/Pages/Recommendations.aspx