Latar belakang.

Hipertensi menyerang lebih dari 50% usia lanjut (di Canada 55% pada usia > 60 th; 32% tidak mendapat pengobatan; 41% mendapat pengobatan yang tidak memadai).

Hipertensi  merupakan faktor resiko untuk penderita penyakit kardiovaskuler (jantung koroner), penyakit pembuluh darah otak, gagal jantung dan gagal ginjal.

Definisi:

Hipertensi apabila tekanan darah sistol >140 dan diastol > 90  ( lebih tinggi dari 140/90 )

Target pengobatan :

Penurunan tekanan darah kurang dari 140/90, pada penderita diabetes < 135 dan diastole antara 80 dan 85.

Pemeriksaan:

Selain pemeriksaan fisik (tensi dan lain-lain) pemeriksaan darah penting, terutama untuk melihat fungsi ginjal, gula darah dan profil lipid (TG, kholesterol total, LDL dan HDL kholesterol). Pemeriksaan urine lengkap dan ECG.

Managemen:

Diet, mengurangi garam dan menurunkan berat badan bagi yang gemuk. Olah raga teratur.

Pengobatan, tergantung keadaan pasien dan berapa tekanan darahnya pada waktu terdiagnose. Pada lanjut usia hendaknya dosisnya lebih rendah dari usia muda, mengingat fungsi ginjalnya yang mulai berkurang. Pemberian diuretik thiazide, untuk jantung lemah yang mendapat digoxin, monitoring kalium darah perlu, atau pasien dianjurkan minum air degan atau makan pisang (kaya kalium). Tambahan “calcium channel blocker” terutama yang “long acting” sering diperlukan agar target pengobatan tercapai. Apabila dengan kombinasi kedua obat tersebut tekanan darahnya belum turun juga, perlu ditambahkan Ace inhibitor. Penggunaan beta-blocker hendaknya dihindari kecuali untuk yang menderita jantung koroner.