FORMALDEHID (FORMALDEHYDE)

Nama lainnya : Formalin, formol, metil aldehid, metilin oksid. Pada produk tertentu diluar negri tercantum sebagai :  “ivalon, quaternium-15, lysoform, formalith, BVF, methylene oxide, formalin, morbicid, methanal, methyl aldehyde, oxomethane, formic aldehyde, fannoform, fyde, lofol, oxymethylene, formol and superlysoform”

Apakah formaldehid itu?

Formaldehid adalah suatu zat kimia yang mengandung unsur-unsur (elemen) karbon, hidrogen dan oksigen. Mempunyai formula kimia HCHO, sedangkan berat molekulnya (berat massanya) 30,03 g/mol. Dalam keadaan normal berbentuk gas (titik didihnya -19,3oC). Formaldehid berbau sangat keras dan irritan. Biasanya dijual dalam bentuk cairan yang terdiri dari formaldehid 37% -73% dalam air,  dan metanol 0,5% – 15% untuk mencegah pembentukan polimer. Bisa juga dijual dalam bentuk puyer atau tablet yaitu dalam bentuk paraformaldehid, yang mengandung 91% atau lebih formaldehid. Beratnya dalam bentuk gas hampir sama dengan udara yaitu 1,03 kali berat udara.

Sumber formaldehid

Diudara bebas, diluar rumah, formaldehid bisa berasal dari pembakaran tidak sempurna dari bensin yang keluar dari knal pot kendaraan bermotor, dari cerobong pabrik yang menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil, dari kebakaran hutan dan pembakaran sampah. Di udara bisa terjadi karena sinar matahari dapat memacu pembentukan formaldehid dari oksigen dan polutan yang ada diudara.

Di dalam rumah bisa berasal dari cat tembok, cat kayu, peralatan rumah tangga dari “plywood” , serbuk kayu yang dipadatkan, lem kayu, “fiberglass”, bahan kosmetik, sampo, sabun busa, bahan pembersih lantai,deodoran, cat rambut, pasta gigi, obat kumur, “hair spray”. Juga bisa terdapat dalam bahan plastik, kertas (kertas pembersih muka, kertas toilet, kertas handuk), karpet, pakaian (kain yang tidak mudah kusut).

Formaldehid juga didapatkan dalam asap rokok.

Bagaimana formaldehid dapat masuk ke dalam tubuh?

Melalui saluran pencernaan

Di luar negri dikatakan tidak biasa formaldehid masuk kedalam tubuh melalui saluran pencernaan, karena formaldehid tidak pernah ditambahkan kedalam makanan atau minuman. Tapi bisa terjadi karena ketidak sengajaan, yang pernah dilaporkan dan dapat menyebabkan irritasi rongga mulut, tengorokan, lambung dan usus. Dalam jumlah besar bisa menyebabkan tidak sadar bahkan kematian.

Melalui saluran nafas

Apabila menghirup formaldehid yang ada di udara bisa menyebabkan iritasi hidung, sakit tenggorokan, batuk, sesak nafas, penyakit asmanya kambuh, bahkan apabila kadar udara formaldehid sangat tinggi dpat menebabkan paru basah/oedem dan dapat menyebabkan kematian.

Melalui kulit.

Penyerapan melalui kulit normal sangat kecil sekali, tapi kalu kulitnya luka yang diserap meningkat. Tingginya kelembaban dan luasnya kulit yang terpapar mempengaruhi jumlah yang diserap.

Mengenai/kontak dengan mata

Mata dapat terkena formaldehid mungkin tidak sengaja atau karena udara yang mengandung formaldehid. Mata bisa mengalami irritasi, bisa luka dan merusak kornea bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Dalam tubuh

Tubuh kita juga membuat formaldehid dalam metabolisme makanan. Dalam darah dikatakan juga bisa ditemukan, namun sampai berapa banyak belum ada data. Tubuh kita diperkirakan memproduksi formaldehid hingga mencapai 50 gram perhari.

Bagaimana pengaruhnya formaldehid terhadap kesehatan?

Selain apa yang tercantum diatas, apabila kita terpapar formaldehid dapat mengalami penyakit kulit, sakit kepala, vertigo, muntah, pada hewan percobaan dapat menyebabkan kanker nasofaring. Metanol yang ada dalam campurannya dapat merusak syaraf mata dan dapat menyebabkan kebutaan.

Siapa saja yang beresiko terpapar formaldehid?

Orang-orang yang bekerja sebagai : Anatomis, Biologis, Botanis, Penjual garmen, Pengawet jenasah, Pabrik formaldehid, di pabrik alat-alat listrik, pabrik pupuk, paprik tekstil, pabrik kertas, pabrik kayu lapis, para dokter yang menggunakan sarung tangan (yang disteril pakai formalin tablet) dan banyak lagi.

Berapa kadar yang aman yang diperkenankan?

Di udara

Menurut WHO kurang dari 0,06 ppm. Kadar yang dapat mengganggu kesehatan apabila lebih dari 0,12 ppm. Di USA pemaparan yang direkomendasikan tidak lebih dari 0,5 ppm dalam 8 jam.

Dalam minuman

Di Australia dalam minuman maksimum mengandung formaldehid sebanyak 0,5 mg/liter.

“Environmental Protection Agency” (EPA) Amerika Serikat merekomendasikan orang dewasa tidak minum air yang mengandung formaldehid lebih dari 1 mg/liter dalam hidupnya. Sedangkan untuk anak-anak tidak minum air yang mengandung formaldehid  10 mg/liter selama satu hari pemakaian atau 50 mg/liter untuk 10 hari.

Apa artinya ppm?

Ppm singkatan dari part per million. Satu dalam satu juta bagian. Ada singkatan ppb, yang artinya part per billion satu dalam satu miliar bagian.

1 ppb = 1,23 µg/m3

Jadi 1 ppm = 1230 µg/m3  = 1,23 mg/ m3

Bagaimana akhirnya nasib formaldehid?

Yang di udara

Karena formaldehid larut alam air, maka formaldehid yang di udara kira-kira 1% akan ikut turun bersama air hujan, yang akan berkhir di dalam air sungai. Waktu paruhnya (waktu yang diperlukan untuk hilang/habis menjadi separuh) dalam air, antara 2 sampai 20 hari. Sinar matahari juga dapat mengurai formaldehid. Waktu paruhnya di udara adalah beberapa jam.

Yang di dalam tubuh kita

Tubuh kita mempu menghilangkan formaldhid, dan mengurainya menjadi karbondioksida dan air ( CO2 dan H2O ).

Bagaimana caranya mengurangi resiko terpapar formaldehid?

Usaha berikut dapat mengurangi pemaparan terhadap formaldehid :

  • Membeli alat-alat rumah tangga dari kayu yang dibuat dari kayu utuh bukan kayu press.
  • Kalau bisa alat rumah tangga dari besi atau metal lainnya.
  • Memperhatikan sirkulasi udara, memasang ekshos (yang dapat mengeluarkan udara kamar keluar).
  • Mencuci pakaian yang baru dibuat sebelum dipakai.
  • Hati-hati memakai kosmetika.
  • Jangan merokok dalam kamar,
  • Temperatur dan kelembaban udara dikurangi (dengan AC yang “open”).
  • Kendaraan di “tune up”

Pertolongan pertama pada kecelakaan dengan formaldehid!

Apabila formaldehid terminum.

  • Apabila orangnya sadar, beri susu, atau air, norit, untuk mengencerkan dan membuat tidak aktif.
  • Usahakan orangnya agar tidak kedinginan, biarkan beristirahat.
  • Apabila muntah, usahakan kepalanya lebih rendah dari badannya dan miringkan, agar muntahnya tidak terhirup.
  • Cepat panggil ambulan atau pertolongan medis.

Apabila formaldehid terhirup.

  • Bawa keudara yang lebih bersih.
  • Perhatikan pernafasannya. Kalau ada diberi oksigen.
  • Apabila inhalasi formaldehid menyebabkan batuk lebih dari 10 menit, bawa kerumah sakit.

Apabila terjadi kontak dengan kulit.

  • Lepas pakaian yang terkontaminasi.
  • Cuci yang terkena formaldehid dengan sabun dan air, hingga bersih ( 15 – 20 menit ).
  • Apabila terjadi luka, atau terkelupas kulitnya, tutup dengan kain kasa steril.
  • Apabila mata dan pernafasan terganggu cepat bawa ke rumah sakit.

Apabila kena mata.

1      Cuci dengan air bersih sebanyak mungkin ( 15 – 20 menit ).

2      Apabila ada erosi di kornea cepat bawa ke rumah sakit.

Advertisements