Pengantar. Ada dua macam susu fermentasi yaitu yogurt dan kefir. Yogurt sudah dikenal sejak 4500 th yang lalu, dibawa dari daerah Turki (Aryian-Pamirian origin) yang akhirnya tinggal di daerah Balkan. Kefir hingga saat ini asal-usulnya belum pasti. Yang paling lama bisa datarik sejarahnya ada yang mengatakan mungkin berasal dari jaman nabi Musa As. Ada yang bilang dibawa nabi Muhammad ke daerah pegu-nungan Caucasus utara (Northern Caucasus Mountains).

Mikroorganisme yang terlibat.Mikroorganisme yang terlibat dalam pembentukan yogurt dan kefir tidak sama.  Yang membentuk kefir lebih baik manfaatnya untuk membantu mencerna makanan dalam tubuh. Yang membentuk kefir diantaranya : Lactobacilli (Lb. alactosusLb. brevisLb. casei subsp. Casei). Streptococci/lactococci  (Streptococcus cremeris Str. Faecalis Str. Lactis). Yeasts Saccharomyces cerevisiae.( S. florentinus S. pretoriensis)

Cara membuat susu fermentasi. 1.membuat susu; tiga sendok makan susu bubuk rendah lemak dalam satu gelas ditambah air panas. 2.dibiarkan sampai dingin. 3.ditambah bibit kefir satu sendok makan. 4.ditutup rapat (tidak boleh ada udara masuk). 5.biarkan di tempat terbuka (suhu kamar) selama 24 jam. Siap diminum. Kalau ingin menunda, simpan dalam lemari es. Apabila disimpan lebih lama, maka akan terasa makin kecut, karena asam laktat yang dihasilkan makin banyak. Apabila setelah ditutup rapat dibiarkan kurang dari 24 jam, rasanya tidak kecut, asam laktatnya lebih sedikit. tergantung selera.

Manfaat.Bibit yang kami pakai tidak diketahui macamnya, apakah kefir ataukah yogurt, kemungkinan yang lebih besar adalah kefir. Adapun manfaat yang sudah dibuktikan dalam penelitian adalah dapat menurunkan hipertensi ringan dan dapat menyembuhkan mag khronik yang disebabkan oleh bakteri (Helicobacter Pylori – was the cause of most stomach ulcers). Selain dari itu susu fermentasi ini diyakini dapat membuat orang menjadi lebih bertahan hidup dan menghambat kepikunan. Dalam susu ada protein yang mengalami pemotongan oleh bakteri tertentu menjadi lebih mudah dicerna. Anak yang alergi susu sapi bisa diberi susu fermentasi (umurnya lebih dari satu tahun).Vitamin dan mineral dalam susu mempunyai khasiat juga. Ragi yang menyebabkan fermentasi juga mengandung vitamin. Ragi dan bakteri dalam susu fermentasi dapat membantu usus untuk mencerna makanan.

Untuk melihat foto dari lactobacillus “click” di bawah ini

Foto dari Lactobacillus