Prebiotik dan Probiotik.

     Prebiotik adalah makanan yang tidak dicerna di dalam usus yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri tertentu di usus besar dan bisa memberi manfaat bagi tubuh. Contoh prebiotik yang sudah dikenal adalah frukto-oligosakarida (FOS). Dalam tepung beras, tepung gandum, tepung jagung dan tepung yang terbuat dari pisang yang masih mentah ada bahan yang namanya resistant starches(RS) dan berfungsi sebagai prebiotik. Biskuit yang terbuat dari tepung jagung dan tepung pisang muda (mentah)  mengandung RS lebih banyak dari yang terbuat dari tepung gandum Akhir-akhir ini banyak sekali penelitian tentang RS. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian RS dalam makanan bayi dapat memberi manfaat seperti halnya prebiotik yang sudah ditemukan sebelumnya.

     Probiotik adalah bakteri eksogen (dari luar tubuh) yang diberikan per oral, dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Probiotik yang biasanya  ditambahkan kedalam makanan  adalah the lactic acid bacteria lactobacillus and bifidobacterium; yang dipakai untuk membuat yoghurt adalah streptococcus

thermophilus and L. Delbrueckii. Pertumbuhan probiotik ini dapat ditingkatkan oleh prebiotik.

     Manfaat probiotik. Manfaat dari makan makanan yang mengandung probioktik secara teratur diantaranya adalah : meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mencegah dan mengobati tipe diare tertentu pada bayi, dapat memperbaiki /membantu mencerna susu, dapat mencegah dan mengobati kesulitan BAB (obstipasi),  dapat mencegah kanker usus besar (colon) dan kanker lainnya, dan dapat menurunkan kholesterol.

     Penelitian terus berlanjut,  diantaranya dibuktikan adanya manfaat untuk mag yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori. Mag yang disebabkan bakteri ini pada orang dewasa, pengobatannya mahal sekali bagi orang yang berpenghasilan pas-pasan. Pemberian probiotik tertentu telah dibuktikan dapat mengontrol perkembangan H pylorus.

     Makanan yang mengandung probitik, yoghurt dan  kafier. Tablet/serbuk ini mengandung probiotik: lacbon, dan lacto-B. Yang mengandung prebiotik dan probiotik misalnya: Protexin, L Bio dan synbio masih banyak lagi!.