Apa yang mungkin diderita seseorang  yang sering mengalami atau keluar keringat dingin, padahal tidak  panas. Seorang dokter yang menghadapi pasen ini akan bertanya mengenai keringat dingin itu sendiri; kapan keluar, malam hari atau siang, apa bersamaan dengan pekerjaan fisik, apa pernah panas atau tidak dan banyak lagi. Setelah diperiksa fisiknya dan laboratorium yang mungkin banyak sekali yang harus diperiksa, mungkin bisa ditemukan penyebabnya. Dengan komputer bisa dicari penyebab keluar keringat dingin (cold sweat). Jawabannya ada 171 macam penyakit.

Dari pengalaman dan bacaan; yang sering terjadi pada lansia adalah disebabkan karena penyakit jantung. Bisa karena kekurangan oksigen (jantung koroner), atau karena infeksi di klep jantung (bacterial endocarditis). Penyakit lain yang sering dijumpai adalah kadar glukosa darah yang rendah, mungkin akibat dari obat untuk kencing manisnya. Selain itu bisa karena infeksi khronik (lama diderita) dari saluran kencing  (lebih sering pada wanita), infeksi paru khronik  (TBC atau karena sebangsa jamur),bisa juga disebabkan HIV/AIDS. Bermacam kanker menyebabkan sering berkeringat dingin misalnya lymphoma dan kanker yang lainnya. Oleh karena itu, apa bila bapak/ibu sering keluar keringat dingin, lebih baik pergi ke dokter keluarganya  (dokter perusahaan) atau Puskesmas.

Pada ibu yang mendekati menapause (premenapause) bisa juga mengalami keadaan ini, penderita hipertiroid juga sering berkeringat. Penderita hipertiroid biasanya orangnya kurus biarpun makannya banyak, sering berdebar, tangannya basah.

Yang paling sering saya jumpai dalam praktek adalah karena jantung koroner yang “silent”. Kadang perlu di “treatmill” test yaitu di suruh lari sambil di rekam jantungnya. Kalau yang mampu biasanya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli jantung, yaitu dengan scan (multiple slices, tidak traumatik) kalau perlu dilanjutkan dengan coronary angiographi. Kalau pasen saya yang tidak mampu langsung saya beri obat sebangsa isosorbit dinitrat. Hasilnya sangat memuaskan dan menggembirakan. Penyakit kedua yang sering saya jumpai adalah infeksi saluran kencing. Hasil pemeriksaan urinnya membuktikan adanya infeksi saluran kencing. Biasanya perlu minum anti biotik yang kucup lama. Ada seorang ibu yang baru sembuh setelah minum obat antibiotik selama tiga minggu lebih. Infeksi saluran kencing pada wanita sering kambuh. Jadi apabila ada gejala sering kencing tapi tidak haus, mungkin kambuh,

Apabila keringat dingin keluar pada waktu tertentu, bisa juga disebabkan oleh:

1.Menahan sakit, apapun sakit dan penyebabnya.

2.Habis muntah, karena mabuk atau lainnya.

3.Habis minum obat tertentu, misalnya paracetamol, asetil salisilat

4.Vertigo. Vertigo adalah perasaan sepertinya bumi atau tempat sekitar berputar. Sering diikuti oleh mual bahkan muntah. Apabila tekanan darahnya normal, insyaAllah tidak terlalu berbahaya namun perlu obat untuk menghilangkannya. Namun apabila tekanan darahnya tinggi, ini merupakan warning atau tanda bahaya bisa-bisa diikuti oleh stroke. Oleh karena itu jangan dianggap remeh,lebih cepat ke dokter lebih baik.

5.Rasa cemas. Perasaan cemas atau takut juga bisa menyebabkan keringat dingin, namun keluar pada saat tertentu, yaitu waktu timbul rasa cemas atau takut menghadapi sesuatu baik nyata ataupun hanya dalam fikiran.

6.Beberapa penyakit syaraf yang jarang terjadi, diantaranya “autonomic neurophaty” bisa menyebabkan meningkatnya sekresi kelenjar keringat bahkan bisa menjadi keringat dingin di malam hari.