Gout

Apakah gout itu?

Gout adalah suatu penyakit yang umumnya menimpa orang tua ( ♂ >50 tahun ) atau wanita post menapause. Serangan pertama biasanya radang dan rasa nyeri pada persendian ibu jari kaki. Kadar asam urat darahnya biasanya meningkat, terjadi deposit asam urat kristal di dalam cairan persendian atau di jaringan ikat dekat siku (disebut tophi) dan atau di ginjal. Penderita laki-laki lebih banyak dari pada ibu-ibu dengan perbandingan 10 banding 1.

Kenapa orang menderita gout?

Ada dua tipe: pertama hiperurikemi (tinggi asam urat darah) dan gout primer. Biasanya penyakit “keturunan”; yang ke dua hiperurikemi dan gout sekunder, yang diakibatkan karena konsumsi makanan, obat-obatan atau minuman tertentu.

Gejalanya bagaimana?

Gejala yang khas seperti diterangkan di atas. Lebih dari 90%, orang dengan asam urat yang tinggi (untuk orang eropah lebih dari 7 mg %) tidak mengalami persendian yang memerah dan kesakitan. Yang lebih  sering adalah penderita hanya mengeluh kesakitan pada lutut, bahu, siku atau kaku pada jai-jari tangannya, bahkan hanya kaku atau tegang pada beberapa ototnya.

Siapa yang beresiko menderita gout?.

  • Orang yang mengalami penurunan fungsi ginjal (dan atau diabetes mellitus, hipertensi, infeksi saluran kencing yang khronis).
  • Orang yang overweight (sangat gemuk).
  • Menkonsumsi makanan yang tinggi purin (purin adalah senyawa yang akan diubah menjadi asam urat),(liver, usus, otak, ginjal, kerang, sardin)
  • Mengalami luka dan kerusakan jaringan yang luas.
  • Mengalami perdarahan dalam lambung dan  atau usus.
  • Alkoholik (peminum, terutama bir)
  • Penderita leukemi, limfoma, psoriasis.

Pengobatannya bagaimana?

1)mengurangi sakit dengan obat non-steroid anti inflamtori.

2)allopurinol, untuk menghambat pembentukan asam urat dari makanan yang baru dimakan (diminum pada waktu makan).

3)makan makanan yang rendah purin (Nasi, protein yaitu telur, susu; sayuran, kecuali asparagus, bunga kol, kacang-kacangan, jamur, purinnya moderat. )

4)minum yang banyak, terutama minuman yang netral  atau agak alkali dan jangan minum atau makan yang kecut.

Makanan apa lagi yang cukup tingi kandungan purinnya? Diurut dari yang tinggi ke yang lebih rendah!

Daging apa saja, kepiting, udang dan ikan (laut dan tawar).

Makalah yang kedua:

Asam urat dalam makanan

1.Pendahuluan

Sebenarnya yang ada dalam makanan, adalah purin. Purin itu adalah salah satu senyawa yang menyusun  DNA dan RNA. DNA dan RNA banyak sekali didapatkan dalam sel inti, sedangkan RNA bisa juga didapatkan dalam sitoplasma. “Jerongan” adalah organ yang didapatkan dalam tubuh, misalnya otak, jantung, paru, hati, limpa dsb.

Sel adalah bagian terkecil yang menyususn tubuh kita. Inti sel organ-organ tersebut lebih besar bila dibandingkan dengan inti sel yang bukan organ dalam, misalnya otot. Oleh karena itu, kandungan purinnya lebih besar “jeroan” dibandingkan dengan otot.

2.Pembentukan asam urat

Kalau kita makan, maka purin yang ada di dalam makanan akan dimetabolisme dan diubah menjadi asam urat dan dibuang lewat urine. Sudah tentu sebelum dibuang akan berada dalam peredaran darah, bahkan dalam kondisi tertentu dapat masuk kedalam cairan diantara persendian dan ada pula yang membentuk semacam benjolan dari kantongan  dekat persendian yang berisi asam urat (disebut tophi).

Dari Purin DNA dan RNA yang dimetabolisme menjadi asam urat adalah Adenine dan Guanine. Adapun tahapannya sebagai berikut.

Untuk melihat diagram “click”di bawah ini

Pembentukan asam urat

3.Keadaan atau penyakit yang bisa diderita

Asam urat yang ada dalam tubuh kita hanya antara 15 s/d 33% yang berasal dari makanan. Sebagian besar berasal dari pengrusakan sel dalam tubuh dalam proses penggantian sel ataupun kematian sel yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Penyakit yang diderita oleh tingginya asam urat adalah:

3.1.Gout primer. Biasanya ada faktor keturunan.

3.2.Gout sekunder. Disebabkan oleh makanan tinggi purin atau karena dalam pengobatan penyakit tertentu. Selanjutnya lihat makalah pertama di atas

4.Obat untuk menghambat pembentukan asam urat

Allopurinol adalah obat yang menghambat  sintesis asam urat. Strukturnya mirip Hypoxanthine. Dengan demikian

pembentukan hypoxanthine menjadi xanthine dihambat dengan cara bersaing dengan Allopurinol. Dengan kata lain Allopurinol menghambat enzim xanthine oxidase dengan cara  competitive inhibition.  

5.Kandungan purin dalam makanan

Sekarang telah banyak beredar di internet kandungan asam urat dalam 100 gram makanan. Di bawah ini saya ambil daftar yang sering kita makan. Yang perlu diingat adalah yang mana yang mengandung tinggi asam urat dan yang sebaliknya.

Tabel kandungan Asam urat dalam 100 gram bahan

 

No

Jenis makanan

Jumlah asam urat

dalam mg

1

Jamur kering

488

2

Hati sapi

460

3

Limpa sapi

343

4

Ikan tongkol

257

5

Hati ayam

243

6

Kacang kedele

Kacang hijau

190

7

Daging kambing

182

8

Paru sapi

147

9

Udang

147

10

Daging bebek

138

11

Daging sapi

133

12

Lobster

118

13

Daging ayam

110 – 175

14

Otak

92

15

Jamur basah

92

16

Kerang

90

17

Broccoli

81

18

Cambah kedele

80

19

Tahu

68

20

Pisang

57

21

Sayur sawi

57

22

Jagung manis

52

23

Bunga kol

51

24

Kacang tanah

23 – 79

25

Rebung

29

26

Gubis

22

27

Strawberry

21

28

Apokat

19

29

Nanas

19

30

Apel

14

31

Roti tawar

14

32

Selada

13

33

Tomat

11 – 16

34

Timun

7

35

Keju

6 – 9